Tugas Soal Metodologi Penelitian 2
Soal :
1. Berdasarkan Jenis Metodologi Penelitian yaitu Metode Sejarah sertakan Judul Penelitian dengan menggunakan Metode Sejarah !
2. Berdasarkan Jenis Metodologi Penelitian yaitu Metode Deskriptif sertakan 1 Judul Penelitian dengan Metode Deskriptif dan Penjelasannya !
3. Berdasarkan Jenis Metodologi Penelitian yaitu Metode Eksperimental sertakan 1 Judul Penelitian dengan Metode Eksperimental (Biologi,Kimia,Fisika,dll) !
Jawab :
1. Judul Penelitian dengan Metode Sejarah
1. Berdasarkan Jenis Metodologi Penelitian yaitu Metode Sejarah sertakan Judul Penelitian dengan menggunakan Metode Sejarah !
2. Berdasarkan Jenis Metodologi Penelitian yaitu Metode Deskriptif sertakan 1 Judul Penelitian dengan Metode Deskriptif dan Penjelasannya !
3. Berdasarkan Jenis Metodologi Penelitian yaitu Metode Eksperimental sertakan 1 Judul Penelitian dengan Metode Eksperimental (Biologi,Kimia,Fisika,dll) !
Jawab :
1. Judul Penelitian dengan Metode Sejarah
- PERKEMBANGAN SENI TRADISI BRINGBRUNG (Suatu Tinjauan Sosial Budaya Di Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap Bandung Tahun 1967-1995)
- PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X-7 SMAN 3 Bandung)
- HUBUNGAN ANTARA METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Korelasional Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 10 GARUT )
- BUDI DAYA JAMUR MERANG MASYARAKAT DESA SUKASARI KECAMATAN CIKAMPEK KABUPATEN KARAWANG: SEJARAH DAN PERKEMBANGAN (1975-2005)
- PERKEMBANGAN SENI TRADISI GAOK DI KABUPATEN MAJALENGKA :KAJIAN SOSIAL BUDAYA TAHUN 1963-1996
- DAMPAK INDUSTRI SIMPING TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN CIPAISAN DI KABUPATEN PURWAKARTA (1974-1984)
- KODIFIKASI HADIS PADA MASA KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM (680-720)
- KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA DI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG: Perkembangan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Para Anggota (1996-2001)
- Upaya Menggali Modal Sosial Siswa untuk Memperkaya Pembelajaran Sejarah : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 23 Bandung
- PERKEMBANGAN PERUSAHAAN DODOL PUSAKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA SUCI KALER KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT TAHUN 1985-1998
- KEBIJAKAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA MENGENAI PERJANJIAN DWI KEWARGANEGARAAN TERHADAP ETNIS TIONGHOA (1955-1969)
- DINAMIKA POLITIK DALAM NEGERI KESULTANAN BRUNEI DARUSSALAM MASA PEMERINTAHAN SULTAN OMAR ALI SAIFUDDIN III (1950-1967)
- PERBANDINGAN PEMIKIRAN MUSSO DAN DIPA NUSANTARA AIDIT TENTANG KOMUNISME DI INDONESIA
- GERAKAN SEPARATISME BOUGAINVILLE DI PAPUA NEW GUINEA TAHUN 1975-1992
- PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN PENGGUNAAN NOVEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA : Penelitian Tindakan Kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bandung
- PENGARUH PEMIKIRAN IBNU TAIMIYAH (1263-1328 M) TERHADAP GERAKAN WAHHABIYAH (1703-1792 M)
- PERANAN MORI ARINORI DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN JEPANG PADA MASA MEIJI SKRIPSI
- PERKEMBANGAN INDUSTRI JEPANG PADA MASA RESESI EKONOMI DUNIA TAHUN 1973 DAN TAHUN 1978
- PERANAN GOLONGAN SAMURAI DALAM PEMBERONTAKAN SATSUMA 1877
- PEMIKIRAN DR. ABDULLAH AZZAM TENTANG JIHAD DAN PENGARUHNYA DI AFGHANISTAN (1979-1989)
- ANALISIS PENERAPAN TEORI MODERNISASI ROSTOW DI INDONESIA DALAM RENCANA PEMBANGUNAN LIMA TAHUNAN : 1969-1999
- PERUBAHAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN WISATA KEBUN RAYA CIBODAS KECAMATAN CIPANAS TAHUN 1994-2000
Penelitian deskriptif adalah suatu metode
penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang
berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Penelitian ini tidak mengadakan
manipulasi atau pengubahan pada variabel-variabel bebas, tetapi menggambarkan
suatu kondisi apa adanya. Penggambaran kondisi bisa individual atau menggunakan
angka-angka. (Sukmadinata, 2006:5)
Penelitian deskriptif, bisa
mendeskripsikan suatu keadaan saja, tetapi bisa juga mendeskripsikan keadaan
dalam tahapan-tahapan perkembangannya, penelitian demikian disebut penelitan
perkembangan (Developmental Studies). Dalam penelitian perkembangan ini
ada yang bersifat longitudinal atau sepanjang waktu dan ada yang
bersifat cross sectional atau dalam potongan waktu.
Contoh Permasalahan :
Kompetensi
yang dimiliki oleh awak kapal sangat mempengaruhi kinerja yang dilakukan.
Apabila kompetensi yang dimiliki awak kapal rendah atau kurang baik maka hasil
kerja dari kegiatan latihan/ Drill
dikapal MT. Oracle perlu dibuktikan kembali keefektifannya.
Untuk
meningkatkan kualitas pelaut Indonesia maka Pemerintah harus meningkatkan
fasilitas baik Dosen yang berpengalaman dan fasilitas pendidikan
Pokok
Masalah :
1. Program Latihan/ Drill di kapal MT. Oracle belum
maximal dalam meningkatkan kinerja Crew kapal
2. Sedikit Crew kapal yang serius mau mengikuti Latihan/
Drill dikapal sehingga pemahaman menjadi kurang
Contoh Judul :
PERBEDAAN
KINERJA CREW KAPAL YANG MEMPUNYAI KOMPETENSI DIKAPAL DENGAN LATIHAN/ DRILL
RUTIN YANG DILAKSANAKAN DI KAPAL MT. ORACLE
Variabel
bebas :
Kompetensi
Crew Kapal (X1) dengan Latihan/
Drill (X2 )
Variabel
terikat :
Kinerja Crew
kapal ( Y )
3.Judul dan Pembahasan dengan Metode Eksperimental
Metode eksperimen
Metode
eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan utuk mencari pengaruh
perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan
(Sugiyono 2011:72).Berdasarkan definisi dari beberapa ahli tersebut, dapat
dipahami bahwa penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk
mengetahui pengaruh pemberian suatu treatment atau perlakuan terhadap subjek
penelitian. Jadi penelitian eksperimen dalam pendidikan adalah kegiatan
penelitian yang bertujuan untuk menilai pengaruh suatu
perlakuan/tindakan/treatment pendidikan terhadap tingkah laku siswa atau
menguji hipotesis tentang
ada-tidaknya pengaruh tindakan itu jika dibandingkan dengan tindakan lain.
Penelitian Eksperimen Dalam Pendidikan
Menurut
Sukardi (2011:180), penelitian eksperimen dalam bidang pendidikan dibedakan
menjadi dua yaitu penelitian di dalam laboratorium dan di luar laboratorium.
Sehubungan dengan subjek dalam pendidikan adalah siswa, penelitian yang paling
banyak dilakukan adalah di luar laboratorium. Hal ini dikarenakan terdapat
beberapa keunggulan yang dimiliki oleh penelitian di luar laboratorium,
diantaranya: (a) variabel eksperimen dapat lebih kuat; (b) lebih mudah dalam
memberikan perlakuan; (c) dapat melakukan setting yang mendekati keadaan
sebenarnya; dan (d) hasil eksperimen lebih aktual.
Contoh
Judul :
“PENERAPAN
METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MERENCANAKAN EKSPERIMEN DALAM
PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 SIMO”
Metode eksperimen merupakan suatu metode mengajar dimana siswa
melakukan suatu percobaan tentang suatu hal yaitu dengan merancang suatu
eksperimen, melakukan eksperimen serta menuliskan hasil pengamatannya, kemudian
hasil pengamatan itu disusun dalam bentuk laporan dan dievaluasi oleh guru.
Metode eksperimen dapat mengatasi kurangnya ketrampilan merencanakan eksperimen
dalam pembelajaran. Karena dalam pelaksanaan eksperimen itu banyak ketrampilan
proses yang digunakan salah satunya adalah ketrampilan merencanakan eksperimen,
maka metode ini merupakan strategi yang penting untuk membelajarkan ketrampilan
merencanakan eksperimen kepada siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 SMA Negeri I Simo
Boyolali. Berdasarkan observasi lokasi sekolah diketahui bahwa sarana dan
prasarana di sekolah tersebut cukup memadai terlihat adanya laboratorium IPA
(Biologi, Kimia, Fisika) dengan peralatan yang lengkap sehingga dapat mendukung
kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen yang dilaksanakan.
Dalam
penelitian ini materi yang akan digunakan adalah bakteri. Dengan penerapan
metode eksperimen dalam pembelajaran, siswa tidak hanya mendapat teori di kelas
tapi juga dapat mengamati secara langsung bentuk-bentuk bakteri. Sehingga
diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi
pelajaran serta dapat meningkatkan ketrampilan merencanakan eksperimen dalam
pembelajaran biologi.
Komentar
Posting Komentar