Tugas Soal Sistem Informasi 1
Soal :
1. Sebutkan definisi dan sertakan Sumber Referensinya !
a. Sistem
b. Data
c. Sistem Informasi
d. Pengembangan Sistem Informasi
2. Sebutkan data-data yang digunakan (Min. 5 Buah) dan sebutkan informasi-informasi yang dihasilkan dalam :
a. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android
b. Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web
c. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Perpustakaan Secara Digital
3. Uraikan Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik yang terdapat di STMIK WIT di mata pemakai !
Jawab :
1.
a. Pengertian Sistem
d. Pengembangan Sistem Informasi
Menurut Para Ahli,yang dimaksud dengan pengembangan sistem informasi adalah menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.
Menuru Goindoti,Adapun pengertian pengembangan sistem informasi, adalah:
Contoh : Aplikasi Penjualan Mobil Berbasis Android
Fitur-Fitur Aplikasi
1. LinearLayout = Digunakan sebagai layar Beckground mobil pada tampilan.
2. Button = Digunakan sebagai tombol pilihan masuk dan keluar pada tampilan
3. TextView = Digunakan untuk membuat text pilihan harga mobil.
4. ListView = Digunakan untuk membuat tombol text pilihan.
5. RelativeLayout = Digunakan untuk membuat profil gambar mobil.
6. ImageButton = Digunakan sebagai memasukan gambar mobil pada tampilan.
b. Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web
Data dan Informasi :
1. Sebutkan definisi dan sertakan Sumber Referensinya !
a. Sistem
b. Data
c. Sistem Informasi
d. Pengembangan Sistem Informasi
2. Sebutkan data-data yang digunakan (Min. 5 Buah) dan sebutkan informasi-informasi yang dihasilkan dalam :
a. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android
b. Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web
c. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Perpustakaan Secara Digital
3. Uraikan Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik yang terdapat di STMIK WIT di mata pemakai !
Jawab :
1.
a. Pengertian Sistem
Menurut Shelly dan
Rosenblatt(2012:7) sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi
untuk menghasilkan tujuan tertentu. Menurut Satzinger, Jackson dan Burd(2010:6)
sebuah sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling terkait yang
berfungsi bersama-sama untuk mencapai hasil tertentu sedangkan menurut Valacich,
George dan Hover(2012:6) sistem merupakan seperangkat komponen atau prosedur
bisnis yang saling terkait yang digunakan dalam satu unit bisnis dan bekerja
sama untuk tujuan tertentu. Menurut
Stairs dan Reynolds(2010:6) sistem
merupakan kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen yang saling
berinteraksi untuk menghasilkan suatu tujuan. Menurut O’Brien dan
Marakas(2011:26) sistem merupakan komponen yang saling berinteraksi
dengan batasan
yang sudah ditetapkan, bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang
objektif
dengan menerima input dan menghaslkan output dalam proses transformasi
yang
terorganisir. Menurut Oz(2009:11) sistem merupakan kumpulan dari
komponen-komponen yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, atau
beberapa tujuan, dengan menerima masukan, pengolahan, dan menghasilkan
output
secara terorganisir.Menurut Valacich, et al(2012:6), suatu
sistem memiliki sembilan karakteristik, tujuh di antaranya terlihat pada Gambar
dibawah. Pada gambar dapat dilihat interaksi sistem dengan lingkungannya yang
memiliki pembatas untuk memisahkan sistem dari lingkungan luar sistem. Sistem
mengambil input dari luar, memprosesnya, dan mengirimkan output yang dihasilkan
kembali ke lingkungannya.
b. Pengertian Data
Menurut Oz(2009:9) data merupakan fakta
tentang orang, kejadian-kejadian serta subjek lainnya yang dimanipulasi dan
diproses untuk menghasilkan informasi. Menurut O’Brien dan Marakas(2011:34)
data merupakan fakta-fakta mentah, observasi mengenai fenomena fisik atau
transaksi bisnis. Pendapat Stairs dan Reynolds(2010:5) data merupakan
fakta-fakta mentah, seperti nomor induk karyawan, total jam kerja dalam
seminggu, bagian penomoran inventori ataupun sales order. Menurut Shelly dan
Rosenblatt(2012:7) data adalah fakta
yang menjadi material dasar sebuah sistem, sedangkan menurut Laudon dan Laudon(2012:15)
data merupakan aliran fakta-fakta mentah yang mewakili peristiwa yang terjadi
dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum di atur dan disusun kedalam
bentuk yang dipahami dan dapat digunakan. Menurut Valacich dan Schneider(2012:22) Data merupakan material mentah,
informasi yang belum terformat, seperti kata dan angka-angka.
c. Pengertian Sistem Informasi
Menurut Laudon dan Laudon(2012:15)
Sistem informasi merupakan seperangkat komponen yang saling terkait yang
mengumpulkan (atau mengambil), memproses, menyimpan, dan mendistribusikan
informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kontrol dalam sebuah
organisasi. Shelly dan Rosenblatt(2012:7) berpendapat bahwa Sistem informasi
adalah kombinasi teknologi informasi, orang(people)
dan data untuk mendukung kebutuhan bisnis. Menurut Oz(2009:13) Sistem Informasi terdiri dari semua komponen yang
bekerja sama untuk memproses data dan
menghasilkan informasi. Sistem Informasi merupakan seperangkat komponen
yang saling berinteraksi untuk mengumpulkan, mengubah, menyimpan dan
menyebarkan data dan informasi serta
menyediakan mekanisme umpan balik untuk memenuhi tujuan (Stairs dan Reynolds, 2010:4). Menurut O’Brien dan Marakas(2011:4) Sistem Informasi
merupakan kombinasi secara terorganisir atas apa saja dari orang/pengguna,
hardware, software, jaringan komunikasi, sumber daya, aturan dan prosedur yang
menyimpan, menerima, mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah
organisasi. Menurut Valacich, George dan
Hover(2012:20), Sistem informasi adalah kombinasi hardware, software, dan
jaringan telekomunikasi yang dibangun orang dan digunakan untuk mengumpulkan,
membuat, dan mendistribusikan data yang berguna dalam pengaturan organisasi. Menurut Satzinger, et al(2010:6),
sistem informasi merupakan kumpulan komponen yang saling terkait yang
mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan informasi sebagai output
yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas bisnis. Menurut Shelly dan Rosenblatt(2012:8)
sebuah sistem informasi memiliki lima komponen kunci utama yaitu terdiri dari hardware, Software, data, process dan people.
a. Hardware (perangkat
keras) merupakan segala sesuatu yang berada pada lapisan fisik sebuah sistem
informasi.
b. Software(perangkat
lunak) merupakan program-program yang mengontrol hardware untuk menghasilkan tujuan atau informasi yang dibutuhkan.
c. Data merupakan material dasar sistem
informasi yang ditransformasi menjadi bentuk informasi yang berguna bagi
pemakai.
d. Process merupakan tugas dan fungsi
bisnis yang dilaksanakan oleh user, manager, staff IT untuk menghasilkan tujuan
secara lebih spesifik.
e. People merupakan pengguna, baik dari dalam dan luar
sebuah perusahaan yang berinteraksi langsung dengan sistem informasi d. Pengembangan Sistem Informasi
Menurut Para Ahli,yang dimaksud dengan pengembangan sistem informasi adalah menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.
Menuru Goindoti,Adapun pengertian pengembangan sistem informasi, adalah:
1. Kumpulan kegiatan para analisis sistem, perancang dan pemakai
yang mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi
2. Tahapan
kegiatan yang dilakukan selama pembangunan sistem informasi
3. Proses
merencanakan, mengembangkan dan mengembangkan dan mengimplementasikan sistem
informasi dan mmenggunakan metode, teknik dan alat bantu pengembangan tertentu.
2.
a. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis AndroidContoh : Aplikasi Penjualan Mobil Berbasis Android
Fitur-Fitur Aplikasi
1. LinearLayout = Digunakan sebagai layar Beckground mobil pada tampilan.
2. Button = Digunakan sebagai tombol pilihan masuk dan keluar pada tampilan
3. TextView = Digunakan untuk membuat text pilihan harga mobil.
4. ListView = Digunakan untuk membuat tombol text pilihan.
5. RelativeLayout = Digunakan untuk membuat profil gambar mobil.
6. ImageButton = Digunakan sebagai memasukan gambar mobil pada tampilan.
b. Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web
Data dan Informasi :
1. Pencatatan biodata pasien.
2. Pencatatan data kunjungan
pasien beserta perawatannya.
3. Pembuatan surat rujukan obat
atau lab.
4. Penyajian laporan pasien
dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya
berdasarkan jenis kelamin, usia,
suku dan lainnya.
5. Penyajian data riwayat
perawatan pasien.
6. Penyajian laporan rekap
kunjungan pasien per-periode (harian, bulanan,
tahunan).
7. Penyajian laporan perawatan
yang telah dilakukan.
8. Penyajian laporan pendapatan.
9. Penyajian laporan rujukan yang
telah dikeluarkan.
10. Pengorganisasian foto per
pasien
c. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Perpustakaan Secara Digital
Data dan Informasi :
1. Form logiin = Form ini digunakan untuk
masuk ke menu utama,dengan cara memasukkan Id_User dan Password
2. Form menu utama = Form ini berisi form form lain yang juga diakses user
3. Form pinjam buku = Form ini digunakan untuk user atau anggota bila ingin meminjam buku di perpustakaan
4. Form Input Buku = Di dalam menu ini terdapat data-data untuk menginput data-data buku
2. Form menu utama = Form ini berisi form form lain yang juga diakses user
3. Form pinjam buku = Form ini digunakan untuk user atau anggota bila ingin meminjam buku di perpustakaan
4. Form Input Buku = Di dalam menu ini terdapat data-data untuk menginput data-data buku
Data ini diinput oleh
admin
5. Form Input Petugas = Form ini digunakan oleh admin untuk menambah petugas baru pada perpustakaan
6. Form Input Kategori = Form ini digunakan oleh admin untuk menambah kategori baru yang terdapat di perpustakaan
7. Form List Anggota = Pada Tampilan form list anggota ini, admin dapat melihat data anggota atau member yang terdaftar di perpustakaan
8. Form Lihat Buku = Form disini berguna untuk admin mencari buku yang tersedia pada perpustakaan tersebut
9. Form Lihat Kategori = Untuk tampilan lihat kategori, form ini berguna melihat semua kategori yang terdapat atau tersedia pada perpustakaan
10. Form Lihat Petugas = Form ini berguna untuk melihat data-data tentang petugas perpustakaan
5. Form Input Petugas = Form ini digunakan oleh admin untuk menambah petugas baru pada perpustakaan
6. Form Input Kategori = Form ini digunakan oleh admin untuk menambah kategori baru yang terdapat di perpustakaan
7. Form List Anggota = Pada Tampilan form list anggota ini, admin dapat melihat data anggota atau member yang terdaftar di perpustakaan
8. Form Lihat Buku = Form disini berguna untuk admin mencari buku yang tersedia pada perpustakaan tersebut
9. Form Lihat Kategori = Untuk tampilan lihat kategori, form ini berguna melihat semua kategori yang terdapat atau tersedia pada perpustakaan
10. Form Lihat Petugas = Form ini berguna untuk melihat data-data tentang petugas perpustakaan
3. Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik di STMIK WIT di mata pemakai
User
|
Kegunaan
|
Mahasiswa
|
Data Kuliah,Laporan PKL,Data
Hasil Ujian,Jadwal Kuliah
|
Dosen
|
Data Mahasiswa,Data Nilai,Data
Materi
|
Biro Keuangan
|
Data Keuangan,Daftar Mata
Kuliah
|
Biro Akademik
|
Rekap dan Olah Data Nilai,Pembuatan
KRS dan KHS
|
Pimpinan
|
Pembuatan laporan
|
Komentar
Posting Komentar